Monday 15 December 2014

Penyakit Berawal Dari Hati Dan Pikiran

Penyakit Berawal Dari Hati Dan Pikiran
Khuang Ce Yen adalah seorang pejabat negara, mungkin karena beliau terlampau berpikir sehingga menyebabkan dirinya jatuh sakit. Segala daya upaya telah dicoba untuk mengobatinya, tapi sayang masih belum ada hasilnya.
Manusia pada umumnya berpendapat bahwa tubuh manusia jatuh sakit disebabkan oleh bakteri atau virus dan bukan disebabkan oleh pikiran.
Namun dalam kitab suci, Sang Buddha mengatakan bahwa segala penyakit berawal dari hati dan pikiran manusia, hanya manusia sendiri yang tidak menyadarinya.
Lalu beliau memohon kepada seorang suci yang bernama “Pao Yang Ce Cen Jen” untuk mengobati penyakitnya.
Kemudian beliau mengatakan bahwa penyakit Khuang Ce Yen berawal dari hati dan pikirannya.
Manusia memiliki tiga hati yaitu :
1. Hati Yang Terdahulu artinya Tak peduli masalah besar atau pun kecil, kalau sudah berlalu biarkan berlalu, jangan dipikirkan lagi. Dengan berarti hati terdahulu akan hilang,
2. Hati Sekarang artinya Jangan terlalu perhitungan terhadap segala hal, hidup dengan seadanya saja. Kalau merasa tidak puas terhadap segala sesuatu, maka selamanya hanya akan merasakan kehampaan. Walaupun banyak menerima fitnahan, namun jangan terpengaruh olehnya. Tugas kita hanya menjaga ketat hati dan jasmani ini, dengan begitu barulah dapat menghilangkan segala kekhawatiran yang terdapat pada hati sekarang dan yang paling merisaukan adalah,
3. Hati Yang Akan Datang artinya Kehidupan manusia tidak ada yang sempurna, untuk apalah kita selalu gelisah dan merisaukannya, terhadap masalah yang belum terjadi semuanya hanyalah kekosongan dan khayalan belaka. Yang terpenting jika masalah datang, hadapilah dengan bijaksana. Jika masalah telah berlalu, biarkanlah berlalu. Hadapi saat ini dengan hati yang tenang, dengan begitu hati yang akan datang pun telah hilang.
Setelah menghela nafas, beliau berkata lagi : Jika tiga hati ini selalu mengganggu dan tiga racun ( sifat Tamak, Dengki dan Dungu ) tidak dihilangkan, maka setiap ada masalah akan dipikir terus menerus tiada hentinya sehingga akan menimbulkan kegelisahan bathin.
Inilah yang dinamakan Penyakit Hati.
Maka dari itu kita harus berusaha untuk mengendalikan dan menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak perlu itu, dengan begitu baru dapat disebut Hidup Dalam Kesadaran.
Penyakit hati hanya bisa disembuhkan dengan obat hati pula, jadi tidaklah takut timbulnya suatu pikiran. Yang ditakutkan adalah terlambat untuk hidup dengan penuh kesadaran.
Begitu satu pikiran muncul, pada saat itu juga adalah awal timbulnya suatu penyakit.
Obatnya adalah jangan membiarkan pikiran terus menerus melayang.

No comments:

Post a Comment